SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas :
XI (Sebelas) Program IPS
Semester : I (Ganjil)
Kompetensi Inti :
KI-1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI-3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menghayati fungsi ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
|
Pengertian
Ilmu Kalam
|
Membimbing
keyakinan terhadap kesempurnaan akidah Islam didasarkan pada dalil aqli dan
naqli
|
Penilaian
Diri
Penilaian
Teman
|
-
|
-
|
2.1
Terbiasa berpikir kritis dan kreatif serta menghargai keberagaman dalam
kehidupan sehari-hari
|
Pengertian
Ilmu Kalam
|
Membiasakan
untuk bersedia mendengar perbedaan pendapat
|
Observasi
Catatan/Jurnal
|
-
|
-
|
3.1
Memahami
pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu
lainnya
|
Pengertian
Ilmu Kalam
|
Mengamati
· Membaca
kasus atau melihat yang menunjukkan kuat atau lemahnya seseorang dalam
memegang prisip akidah yang diyakininya
Menanya
·
Memberi komentar
atau membuat pertanyaan atas bacaan atau film yang diamati
·
Guru mempersilahkan
siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber
informasi berkaitan dengan ilmu kalam
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam
serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali
hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan
ilmu lainnya
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan pengertian, ruang
lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan
ilmu lainnya
·
Menyampaikan hasil
belajar atau hasil temuannya tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam
serta hubungannya dengan ilmu lainnya
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang pengertian pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan
ilmu lainnya
·
Diskusi kelompok
membahas tentang pengertian, ruang
lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
·
Mempresentasikan
hasil tentang pengertian, ruang lingkup,
fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi
tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi
ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Tes
Tulis/Lisan
Guru
menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam
serta hubungannya dengan ilmu lainnya
|
3
TM
(45
x 6)
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
4.1
Menyajikan
peta konsep pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya
dengan ilmu lainnya
|
|||||
1.2 Menghayati nilai-nilai positif dari adanya aliran-aliran
dalam ilmu kalam
|
Aliran-aliran
ilmu kalam
|
Penilaian
Diri
Penilaian
Teman
|
-
|
-
|
|
2.2 Membiasakan diri untuk menghargai perbedaan
aliran-aliran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat
|
Aliran-aliran
ilmu kalam
|
Membiasakan
Sikap bertauhid dalam kehidupan
|
Observasi
Catatan/Jurnal
|
-
|
-
|
3.2
Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
(Khawarij, Murjiah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy‘ariyah, al-Maturidiyah,
dan Mu‘tazilah)
4.2 Menyajikan peta konsep pokok-pokok aliran-aliran
ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy‘ariyah,
al-Maturidiyah, dan Mu‘tazilah
|
Aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syi’ah,
Jabariyah, Qadariyah, Asy‘ariyah, al-Maturidiyah, dan Mu‘tazilah)
|
Mengamati
·
Membaca
berita terkait dengan maraknya aksi radikalisme di antara umat Islam
·
Melihat
liputan (Audio Visual) dampak yang ditimbulkan dari bom bunuh diri yang
mengakibatkan terbunuhnya orang-orang yang tidak bersalah menjadi kurban
sia-sia
Menanya
·
Memberi komentar atau
membuat pertanyaan atas bacaan dan film yang telah diamati tersebut
·
Guru mempersilahkan
siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·
Menelusuri
informasi terkait dengan aliran-aliran dalam ilmu kalam yang secara historis
terbukti dapat menimbulkan kerahmatan dan radikalisme
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam serta
hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan pencegahannya
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali
hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme
yang berkembang saat ini dan pencegahannya
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan aliran-aliran dalam
ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan
pencegahannya
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme
yang berkembang saat ini dan pencegahannya
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang pengertian tauhid, nama-nama ilmu
tauhid, ruang lingkup tauhid, macam-macam tauhid, makna kalimat tauhid dan
hikmah bertauhid
·
Diskusi
kelompok membahas hasil temuan tentang pengertian tauhid, nama-nama ilmu
tauhid, ruang lingkup tauhid, macam-macam tauhid, makna kalimat tauhid dan
hikmah bertauhid
·
Mempresentasikan
tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam
serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan
pencegahannya
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok
tentang aliran-aliran dalam ilmu
kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan
pencegahannya
Tes
Tulis/Lisan
Menilai
proses dan hasil belajar secara individu tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme
yang berkembang saat ini dan pencegahannya
|
4 TM
(45 x 8)
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
1.3 Menghayati kewajiban menghindari perilaku dosa besar
|
Penilaian
Diri
Penilaian
Teman
|
-
|
-
|
||
2.3 Menghindari dampak
negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba,
berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
|
Observasi
Catatan/Jurnal
|
-
|
-
|
||
3.3
Memahami dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi
narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
4.3 Menunjukkan contoh perbuatan dosa besar di
masyarakat dan akibatnya
|
Mengamati
·
Membaca
berita terkait dengan perilaku orang yang melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi,
zina, pergaulan bebas dan mencuri)
·
Membaca ayat-ayat dan hadis-hadis terkait dengan dosa
besar
Menanya
·
Memberi komentar
atau membuat pertanyaan atas bacaan tentang perilaku dosa besar dan dampaknya
bagi diri sendiri, lingkungan, dan bangsa dan negara
·
Guru mempersilahkan
siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·
Menelusuri dampak
negatif yang ditimbulkan terkait dengan mereka yang melakukan dosa besar
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang
dampak negatif yang ditimbulkan terkait dengan mereka yang melakukan dosa
besar
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber, baik ayat maupun hadis, terkait dengan dosa
besar
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali
hasil temuan atas ayat-ayat dan hadis tentang dosa besar dan realitas
kehidupan yang ditimbulkan oleh perilaku dosa besar
·
Menganalisis hasil
temuannya atas ayat-ayat dan hadis tentang dosa besar dan realitas kehidupan
yang ditimbulkan oleh perilaku dosa besar dalam bentuk tabulasi yang
sistematis
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas ayat-ayat dan
hadis tentang dosa besar dan realitas kehidupan yang ditimbulkan oleh
perilaku dosa besar dalam bentuk tabulasi yang sistematis
·
Mengkritisi
hasil temuan kelompok lain, dalam bentuk pertanyaan, kritik, mendebat dan
lain sebagainya
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas
dan mencuri) dan ayat-ayat serta hadis-hadis terkait dengan dosa besar
·
Diskusi
kelompok membahas hasil temuan tentang dampak yang ditimbulkan oleh dosa besar
dan hikmah dilarangnya perilaku dosa besar dan pentingnya penegakkan hukum
atas pelakunya.
Mempresentasikan
dampak yang ditimbulkan oleh dosa besar dan hikmah dilarangnya perilaku dosa
besar dan pentingnya penegakkan hukum atas pelakunya
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok
tentang dampak yang ditimbulkan oleh dosa besar dan hikmah dilarangnya
perilaku dosa besar dan pentingnya penegakkan hukum atas pelakunya.
Tes
Tulis/Lisan
Menilai
proses dan hasil belajar secara individu tentang dampak yang ditimbulkan oleh
dosa besar dan hikmah dilarangnya perilaku dosa besar dan pentingnya
penegakkan hukum atas pelakunya
|
3 TM
(45 x 6)
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
|
1.4. Menghayati akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
Penilaian
Diri
Penilaian
Teman
|
-
|
-
|
||
2.4 Membiasakan akhlak
(adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu
|
Observasi
Catatan/Jurnal
|
-
|
-
|
||
3.4
Memahami akhlak (adab) berpakaian, berhias,
perjalanan, bertamu dan menerima tamu
4.4 Mensimulasikan akhlak (adab) berpakaian, berhias,
perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam kehidupan sehari-har
|
Mengamati
· Melihat video perilaku orang yang
menerapkan akhlak (adab) berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk
ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
· Membaca
ayat-ayat dan hadis-hadis terkait dengan akhlak (adab) berpakaian, berhias,
perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Menanya
·
Memberi komentar
atau membuat pertanyaan terkait isi video yang menampilkan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan,
bertamu dan menerima tamu berdasarkan petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis
Nabi
·
Bertanya tentang
kandungan ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi yang memberi petunjuk akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu
dan menerima tamu
·
Guru mempersilahkan
siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·
Menelusuri
informasi yang terkait dengan tuntunan al-Qur’an dan Hadis tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan,
bertamu dan menerima tamu
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang
dampak negatif yang ditimbulkan terkait dengan mereka yang mengabaikan
tuntunan al-Qur’an dan Hadis tentang akhlak
(adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali
hasil temuan atas ayat-ayat dan hadis tentang tuntunan al-Qur’an dan Hadis
tentang akhlak (adab) berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·
Menganalisis hasil
temuannya atas ayat-ayat dan hadis tentang tuntunan al-Qur’an dan Hadis
tentang akhlak (adab) berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam bentuk tabulasi
yang sistematis
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas ayat-ayat dan
hadis tentang tuntunan al-Qur’an dan Hadis tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu dalam bentuk tabulasi yang sistematis.
·
Mengkritisi hasil
temuan kelompok lain, dalam bentuk pertanyaan, kritik, mendebat dan lain
sebagainya
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang akhlak (adab) berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk
ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
· Diskusi kelompok membahas hasil temuan
tentang akhlak (adab) berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk
ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
· Mempresentasikan hasil temuan dan
perbandingan orang yang berpegang pada akhlak
(adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang
didasarkan pada petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi dengan mereka
yang mengingkarinya
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
· Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok tentang perumusan atas
tuntunan akhlak (adab) berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk
ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
Tes Tulis/Lisan
· Menilai proses dan hasil belajar
secara individu tentang pemahaman mereka atas akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima
tamu yang didasarkan pada petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
|
4
TM
(45 x 8)
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
|
1.5 Menghayati keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Uways
al-Qarni
|
Sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
|
Penilaian
Diri
Penilaian
Teman
|
-
|
-
|
|
2.5 Meneladani keutamaan
sifat Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarn
|
Sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
|
Observasi
Catatan/Jurnal
|
-
|
-
|
|
3.5
Menganalisis
sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
4.5 Menceritakan kisah keteladanan Fatimatuzzahra dan
Uways al-Qarni
|
Sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
|
Mengamati
·
Membaca
cerita masa lalu yang menggambarkan sifat-sifat
utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
Menanya
·
Memberi komentar
atau membuat pertanyaan atas bacaan tentang sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
·
Guru mempersilahkan
siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·
Mencari tahu sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways
al-Qarni melalui bahan bacaan kesejarahan, Hadis atau yang lainnya
·
Mengidentifikasi
sifat-sifat utama yang dimiliki oleh Fatimatuzzahra
dan Uways al-Qarni
Mengasosiasikan
·
Merumuskan kembali
hasil temuan atas sifat-sifat utama
Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni dan pentingnya nilai-nilai yang dimiliki itu
untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari
·
Membuat kesimpulan yang menjelaskan keterkaitan antaran sifat-sifat
utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni dengan penyelesaian problematika
kemanusian saat ini
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways
al-Qarni dengan penyelesaian problematika kemanusian saat ini
·
Mengkritisi
hasil temuan kelompok lain, dalam bentuk pertanyaan, kritik, mendebat dan
lain sebagainya
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang sifat-sifat
utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
·
Diskusi
kelompok membahas hasil temuan tentang sifat-sifat
utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways
al-Qarni dengan penyelesaian problematika kemanusian saat ini
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok
tentang kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways
al-Qarni dengan penyelesaian problematika kemanusian saat ini
Tes
Tulis/Lisan
Menilai
proses dan hasil belajar secara individu tentang sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
|
3 TM
(45 x 6)
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku penunjang
lainnya yang relevan
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung
|
0 komentar:
Posting Komentar