Selasa, 08 Mei 2018

Silabus Akidah Akhlak kelas 11 semester ganjil



SILABUS PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan           : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran                 : Akidah Akhlak                                                                              
Kelas                                  : XI (Sebelas) Program IPS
Semester                           : I (Ganjil)

 Kompetensi Inti :
KI-1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.      Menghayati fungsi ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
Pengertian Ilmu Kalam
Membimbing keyakinan terhadap kesempurnaan akidah Islam didasarkan pada dalil aqli dan naqli
Penilaian Diri
Penilaian Teman
-
-
2.1      Terbiasa berpikir kritis dan kreatif serta menghargai keberagaman dalam kehidupan sehari-hari
Pengertian Ilmu Kalam
Membiasakan untuk bersedia mendengar perbedaan pendapat
Observasi
Catatan/Jurnal
-
-
3.1      Memahami pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya

Pengertian Ilmu Kalam
Mengamati
·     Membaca kasus atau melihat yang menunjukkan kuat atau lemahnya seseorang dalam memegang prisip akidah yang diyakininya

Menanya
·         Memberi komentar atau membuat pertanyaan atas bacaan atau film yang diamati
·         Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan ilmu kalam
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya

Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya

Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
·       Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang pengertian pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
·  Diskusi kelompok membahas tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
·  Mempresentasikan hasil tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
3 TM
(45 x 6)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












4.1     Menyajikan peta konsep pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
















1.2  Menghayati nilai-nilai positif dari adanya aliran-aliran dalam  ilmu kalam
Aliran-aliran ilmu kalam

Penilaian Diri
Penilaian Teman
-
-
2.2   Membiasakan diri untuk menghargai perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat
Aliran-aliran ilmu kalam
Membiasakan Sikap bertauhid dalam kehidupan
Observasi
Catatan/Jurnal
-
-
3.2   Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy‘ariyah, al-Maturidiyah, dan Mu‘tazilah)







































4.2 Menyajikan peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy‘ariyah, al-Maturidiyah, dan Mu‘tazilah
Aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy‘ariyah, al-Maturidiyah, dan Mu‘tazilah)
Mengamati
·     Membaca berita terkait dengan maraknya aksi radikalisme di antara umat Islam
·     Melihat liputan (Audio Visual) dampak yang ditimbulkan dari bom bunuh diri yang mengakibatkan terbunuhnya orang-orang yang tidak bersalah menjadi kurban sia-sia

Menanya
·         Memberi komentar atau membuat pertanyaan atas bacaan dan film yang telah diamati tersebut
·         Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menelusuri informasi terkait dengan aliran-aliran dalam ilmu kalam yang secara historis terbukti dapat menimbulkan kerahmatan dan radikalisme
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan pencegahannya

Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan pencegahannya
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan pencegahannya

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan pencegahannya
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan pencegahannya
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang pengertian tauhid, nama-nama ilmu tauhid, ruang lingkup tauhid, macam-macam tauhid, makna kalimat tauhid dan hikmah bertauhid
·  Diskusi kelompok membahas hasil temuan tentang pengertian tauhid, nama-nama ilmu tauhid, ruang lingkup tauhid, macam-macam tauhid, makna kalimat tauhid dan hikmah bertauhid
·  Mempresentasikan tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan pencegahannya

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok  tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan pencegahannya

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang aliran-aliran dalam ilmu kalam serta hubungannya dengan radikalisme yang berkembang saat ini dan pencegahannya
4 TM
(45 x 8)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1.3  Menghayati kewajiban menghindari perilaku dosa besar


Penilaian Diri
Penilaian Teman
-
-
2.3 Menghindari dampak negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)


Observasi
Catatan/Jurnal
-
-
3.3              Memahami dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)






















4.3 Menunjukkan contoh perbuatan dosa besar di masyarakat dan akibatnya

Mengamati
·     Membaca berita terkait dengan perilaku orang yang melakukan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
·     Membaca ayat-ayat dan hadis-hadis terkait dengan dosa besar

Menanya
·         Memberi komentar atau membuat pertanyaan atas bacaan tentang perilaku dosa besar dan dampaknya bagi diri sendiri, lingkungan, dan bangsa dan negara
·         Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menelusuri dampak negatif yang ditimbulkan terkait dengan mereka yang melakukan dosa besar
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang dampak negatif yang ditimbulkan terkait dengan mereka yang melakukan dosa besar
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, baik ayat maupun hadis, terkait dengan dosa besar


Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan atas ayat-ayat dan hadis tentang dosa besar dan realitas kehidupan yang ditimbulkan oleh perilaku dosa besar
·         Menganalisis hasil temuannya atas ayat-ayat dan hadis tentang dosa besar dan realitas kehidupan yang ditimbulkan oleh perilaku dosa besar dalam bentuk tabulasi yang sistematis

Mengkomunikasikan
·         Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas ayat-ayat dan hadis tentang dosa besar dan realitas kehidupan yang ditimbulkan oleh perilaku dosa besar dalam bentuk tabulasi yang sistematis
·      Mengkritisi hasil temuan kelompok lain, dalam bentuk pertanyaan, kritik, mendebat dan lain sebagainya
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri) dan ayat-ayat serta hadis-hadis terkait dengan dosa besar
·  Diskusi kelompok membahas hasil temuan tentang dampak yang ditimbulkan oleh dosa besar dan hikmah dilarangnya perilaku dosa besar dan pentingnya penegakkan hukum atas pelakunya.
Mempresentasikan dampak yang ditimbulkan oleh dosa besar dan hikmah dilarangnya perilaku dosa besar dan pentingnya penegakkan hukum atas pelakunya

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok  tentang dampak yang ditimbulkan oleh dosa besar dan hikmah dilarangnya perilaku dosa besar dan pentingnya penegakkan hukum atas pelakunya.

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang dampak yang ditimbulkan oleh dosa besar dan hikmah dilarangnya perilaku dosa besar dan pentingnya penegakkan hukum atas pelakunya
3 TM
(45 x 6)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1.4.  Menghayati akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu


Penilaian Diri
Penilaian Teman
-
-
2.4 Membiasakan akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu


Observasi
Catatan/Jurnal
-
-
3.4              Memahami akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
























































4.4 Mensimulasikan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam kehidupan sehari-har


Mengamati
·     Melihat video perilaku orang yang menerapkan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
·     Membaca ayat-ayat dan hadis-hadis terkait dengan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

Menanya
·         Memberi komentar atau membuat pertanyaan terkait isi video yang menampilkan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu berdasarkan petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
·         Bertanya tentang kandungan ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi yang memberi petunjuk akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·         Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menelusuri informasi yang terkait dengan tuntunan al-Qur’an dan Hadis tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang dampak negatif yang ditimbulkan terkait dengan mereka yang mengabaikan tuntunan al-Qur’an dan Hadis tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan atas ayat-ayat dan hadis tentang tuntunan al-Qur’an dan Hadis tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
·         Menganalisis hasil temuannya atas ayat-ayat dan hadis tentang tuntunan al-Qur’an dan Hadis tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam bentuk tabulasi yang sistematis

Mengkomunikasikan
·         Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas ayat-ayat dan hadis tentang tuntunan al-Qur’an dan Hadis tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam bentuk tabulasi yang sistematis.
·         Mengkritisi hasil temuan kelompok lain, dalam bentuk pertanyaan, kritik, mendebat dan lain sebagainya
Tugas:
·     Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
·     Diskusi kelompok membahas hasil temuan tentang akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi
·     Mempresentasikan hasil temuan dan perbandingan orang yang berpegang pada akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi dengan mereka yang mengingkarinya


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
·     Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok  tentang perumusan atas tuntunan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi

Tes Tulis/Lisan
·     Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pemahaman mereka atas akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu yang didasarkan pada petunjuk ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis Nabi

4        TM
(45 x 8)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014


·  Al-Qur’an dan Terjamahanya


·  Buku penunjang lainnya  yang relevan


·  Media cetak dan elektronik sesuai materi


·  Lingkungan sekitar yang mendukung













1.5  Menghayati keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
Sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni

Penilaian Diri
Penilaian Teman
-
-
2.5 Meneladani keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarn
Sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni

Observasi
Catatan/Jurnal
-
-
3.5                Menganalisis sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni























4.5 Menceritakan kisah keteladanan Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
Sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
Mengamati
·     Membaca cerita masa lalu yang menggambarkan sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni

Menanya
·         Memberi komentar atau membuat pertanyaan atas bacaan tentang sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
·         Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Mencari tahu sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni melalui bahan bacaan kesejarahan, Hadis atau yang lainnya
·      Mengidentifikasi sifat-sifat utama yang dimiliki oleh Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni

Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan atas sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni dan pentingnya nilai-nilai yang dimiliki itu untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari
·         Membuat kesimpulan yang menjelaskan keterkaitan antaran sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni dengan penyelesaian problematika kemanusian saat ini

Mengkomunikasikan
·         Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni dengan penyelesaian problematika kemanusian saat ini
·      Mengkritisi hasil temuan kelompok lain, dalam bentuk pertanyaan, kritik, mendebat dan lain sebagainya
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
·  Diskusi kelompok membahas hasil temuan tentang sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
·  Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni dengan penyelesaian problematika kemanusian saat ini

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok  tentang kesimpulan yang telah dirumuskan dari hasil temuannya atas sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni dengan penyelesaian problematika kemanusian saat ini

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
3 TM
(45 x 6)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Mapel Akidah Akhlak MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












0 komentar:

Posting Komentar